Wednesday, July 13, 2011

Strategi dan cara promosi produk dan website bisnis online

Dalam dunia marketing melakukan promosi produk merupakan bagian paling penting dalam sebuah bisnis atau usaha, karena produk atau jasa yang anda miliki harus diketahui dan dikenal oleh para pelanggan atau prospect anda. Dalam bisnis offline mungkin anda mengenal promosi produk dengan cara memasang iklan si media TV dan elektronik lainnya, atau lewat pemasangan spanduk, benner, kaos, mengadakan acara promosi hiburan dan lain sebagainya.


Sekarang bagaimana dengan cara melakukan promosi  produk atau website bisnis online  anda  atau website Toko Online Anda?.  Dan bagaimana strategi mempromosikan produk dan website bisnis online  anda supaya bukan saja  cepat dikenal dan diketahui pengunjung namun mereka akan rela membanyar harga yang anda tawarkan berapapun harganya namun  pada umumnya harga produk-produk bisnis online,  relatif  lebih murah dibandingkan manfaat dari materi atau keahlian yang ditawarkan untuk menunjang keberhasilan bisnis online,, disamping itu juga pengunjung akan rela kembali lagi mengunjungi website bisnis online anda.


Sebelum anda mempromosikan produk  atau webseite bisnis online  maka diperlukan persiapan terutama mengenai website berdasarkan  struktur web yang benar  dan website sudah mengandung katakunci niche  yang bertarget  berdasarkan hasil pemilihan katakunci melalui  riset pasar. Atau anda sudah membuat  salles letter  yang anda buat di dalam Website anda. Hal ini penting supaya nantinya ketika ada pengunjung  menulis di mesin penelusuran  judul  artikel website  maka  web akan terpublikasikan di hasil mesin pencarian  dan masuk di 10 Top Ranking. Maka akan berpeluang meningkatkan  traffic di website anda


Oke…ga sabarkan untuk mengetahui cara promosi produk dan website bisnis online anda ?
1. Promosikan produk dan website bisnis online anda di Email marketing, disini anda membuat salesleter yang mengandung  daya tarik untuk memperoleh email   dari pengunjung. Tentunya mereka akan menuliskan email diwebsite anda karena  pengunjung ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari apa yang anda ingin tawarkan atau informasikan mengenai tema dan produk-produk yang ingin dikelahuinya, karena pada umumnya pengunjung tidak sempat membaca dan mempelajari web bisnis online  secara keseluruhan websit bisnis online anda dan  membutuhkan waktu yang relative banyak. ataupun juga untuk memilih produk yang dibutuhkan oleh pengunjung memerlukan pertimbangan tertentu, maka disinilah pentingnya anda melakukan follow up  melalui email marketing. Salah satu contoh email marketing termasuk cara membuat  diwebsite anda anda dapat kunjungi dan belajar di web kursus-online.com. 

2.     Melakukan promosi produk dan website bisnis online anda melalui Pay Per Klik (PPC), cara ini  dilakukan  cara promosi berbayar, artinya anda akan membayar sekitar Rp. 200 – 1000  setiap orang melakukan klik pada ikllan anda. Cara melakukan promosi ini ada bisa ka layanan jasa Lokal seperti KLIKSAYA.com atau ADword milik google, cara promosi ini biasanya anda harus  berpengalaman dalam menentukan katakunci yang niche bertarget, biasanya  banyak dilakukan oleh orang yang sudah mengetahui dasar-dasar pemilihan katakunci yang bertarget sesuai website yang akan dipromosikan supaya iklan anda banyak yang  terklik dengan biaya yang lebih murah setiap kliknya dan ditempatkan pada website yang sesuai dengan tema iklan  dan website anda . anda bisa lihat contoh di sini
3.  Promosi melalui Media social seperti facebook dan twiter.  Untuk facebook bisa anda lakukan untuk yang berbayar  maupun memasang iklan  gratis dengan mengenalkan produk dan web keteman2 terdekat anda.
4. Memasang iklan di web iklan baik yang gratis maupun pasang iklan di premium atau berbayar  
5. Anda bisa melakukan untuk menukar link dengan sesame bloger dengan tema website yang sama.
6. Ikut bergabung di Mailing list seperti yahoo dan google atau website penyedia forum diskusi,  hal ini penting supaya website bisnis  online anda lebih terkenal lagi.

7. Melakukan Blog walking yaitu dengan memberi komentar dan tanggapan yang positif karena anda  akan meninggalkan url website bisnis online anda di blog atau website tersebut, lebih bagus lagi anda berkomentar di website yang memiliki page rank lebih tinggi dari anda dan  berkomentar pada website yang bertemakan sama dengan anda serta  pemiliknya aktif untuk mereply,  karena akan sangat bermanfaat terhadap peningkatan Page Rank anda sehingga besar kemungkinan website  bisnis online anda menjadi lebih terkenal, apalagi berkomentar yang membuat pengunjung yang lain  tertarik terhadap materi komentar anda.

No comments:

Post a Comment